Kamis, 28 November 2013

JOGJAKARTA (Jogja itu indah)



Hmm siapa sih yang ga tau seputar kota Jogja ini?, hampir semua orang pasti tau, selalu nyaman  ketika singgah di kota ini dan ingin kembali suatu saat nanti. Ini merupakan cerita awal ketika gue sangat tertarik memilih untuk menghabiskan masa-masa SMA gue. Jogjakarta emang bukan kota yang asing buat gue, secara bokap berasal dari Gunung Kidul dan keluarga nyokap sendiri berasal dari kota Jogjakarta, meskipun nyokap besar di kota Sukabumi, Jawa Barat.

Gue menginjakan kaki ke Jogja  sejak umur kurang lebih 4 tahun lah, saat itu kakak perempuan gue memilih kuliah di Akademi Sekretaris Management Informasi (ASMI) Santa Maria. Waktu itu gue, nyokap, dan kakak gue kesana buat daftar cari kostan. Ya waktu itu gue masih kecil belum tau  apa-apa, yang gue tau cuma jalan-jalan aja.

3 tahun kemudian gue kembali lagi menapaki kota Jogja, saat itu gue masi TK nol besar dan kakak gue udah wisuda. Gue,bokap, dan nyokap kesana nginep dikosan kakak gue. Kosan itu masih adem ayem banget soalnya tepat disebelahnya ada sawah. Terus gue merasakan kuliner-kuliner khas Jogja waktu itu gue kepengen banget makan nasi kucing, interpretasi gue nasi kucing itu nasi sama daging kucing hahaha, maklum lah waktu itu gue masih kecil, terus gue makan jenang gurih, jenang itu bahasa jawanya bubur dan gue makan gudeg -_-, kenapa gue flat banget soal gudeg soalnya meskipun gue orang jawa gue ga suka tu namanya gudeg. Cita rasanya  yang terlalu manis dan gurih bikin enek aja, tapi just only GUDEG doang yang gue ga suka, gue tetep suka kog sama temen-temennya gudeg kaya krecek gitu.
Seiring berjalannya waktu gue tumbuh dewasa, kira-kira sejak gue SMP sering banget gue mondar mandir kota Jogja tiap tahunnya. Tahun 2005 gue sekeluarga ke kota Jogja, gue nginep di kampung bokap Gunung Kidul. Ngapain aja gue disana? Ya disana tu asik banget gue sama sodara-sodara gue main di sawah (Maklum loh masih cabe-cabean waktu itu dan ga pernah ke sawah). Disana kita biasa main ke pantai Kukup, Sundak, Baron dan krakal, bokap tu hobi banget kesana ga tau kenapa deh. Terus hobi banget ngajakin makan bakso di alun-alun Playen Gunung Kidul. Ga Cuma wisata jasmani juga tapi bokap nyokap gue juga suka ngajak wisata rohani seperti mengunjungi Gua Maria Parang tritis dan Gua maria Ngijo. Kedua Gua itu ga jauh lah dari area lapangan terbang Playen (deket rumah bokap). Makanya kadang itu yang gue kagenin dari Jogja.  

2007 gue kembali lagi liburan ke Jogja, sebenarnya bukan liburan juga sih. Lebih tepatnya Menjenguk Si Mbah Putri yang jatoh dan terbaring sakit :’( *hiks*. Disela-sela kondisi Mbah yang kurang baik bokap mengajak wisata ke tempat yang sama tetapi kuliner yang berbeda. Gue puas banget itu kita makan seafood sakpole di pantai Baron. Ga lupa juga doain Mbah di Gua maria Ngijo supaya si Mbah cepet sembuh.

Setelah keadaan si Mbah agak membaik, gue sekeluraga keluar dari daerah Gunung Kidul dan kami bergegas ke kota Jogja. Di kota ada Eyang tapi bukan eyang langsung. Eyang itu adalah om dan tantenya mama. Wah kalau udah ke sodaranya mama nih ya mau kemana aja pasti selalu siap antar. Ya kami membeli oleh-oleh ke bringharjo loh, terus kami makan gudeg Yu Djum yang katanya orang sih rasanya nomor satu diantara Gudeg-gudeg lainnya meskipun katanya enak gitu perlu digaris bawahi gue GAK SUKA GUDEG. Nah, sembari berjalan-jalan di alun-alun kidul, bringharjo dan malioboro, gue penasaran dengan sekolah SMA yang ada di Jogja yah waktu itu yang gue tau sih ada Stella Duce dan Santa Maria. Gue emang belum tau kalo itu sekolah homogen (isinya satu jenis kelamin aja), tapi setelah merasakan semingu kenyamanan gue disana gue langsung kepengen aja bisa sekolah disitu. Alhasil beberapa bulan kemudian setelah gue melaksanakan UN SMP gue cau sama nyokap gue buat daftar kesekolah tersebut deh.


berhubung data-datanya enta dimana ini deh foto-foto yang masih tersisa


 Gua Maria Ngijo, Gunung Kidul, Jogjakarta 2007

 My Family at Hotel 2007

*bersambung*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar